Komunitas dan Entitas Media Satya Medica Group

Selamat datang di Satya Medica Group

Tujuan utama kami adalah menciptakan komunitas interaktif yang bermanfaat, informatif, aman, dan menyenangkan. Karenanya diperlukan beberapa aturan yang harus dipatuhi tanpa kecuali untuk dapat berpartisipasi di Satya Medica Group.

Satya Medica Publisher

Satya Medica membuka kesempatan bagi komunitas dan entitas media baik cetak maupun online yang ingin menambah channel distribusi konten dengan membuka akun Satya Medica tipe publisher. Fitur ini memungkinkan entitas media cetak maupun online untuk mengundang penulis-penulis yang sesuai untuk menjadi kontributor di akun Satya Medica publishernya. Pertanyaan seputar fitur publisher dapat ditanyakan ke alamat email [email protected] Anda dapat melakukan pengajuan untuk membuat akun Publisher dengan mengisi “form berikut”. Tim Kolaborasi akan melakukan peninjauan ulang terhadap profil Anda sebelum membuka akses pembuatan akun Publisher.

Persyaratan bagi akun publisher

Setiap akun publisher yang membuat Story jurnalistik pada platform Satya Medica Group wajib memiliki atau berbentuk badan hukum Perseroan Terbatas. Setiap akun publisher juga wajib untuk mengikuti ketentuan-ketentuan yang terdapat di dalam peraturan perundang-undangan (termasuk juga Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers), Kode Etik Jurnalistik, dan juga peraturan Dewan Pers.

Ketentuan Aktivitas

Kami percaya bahwa informasi bisa datang dari mana saja. Oleh karena itu kami akan selalu berusaha menjadikan Satya Medica Group sebagai platform terbuka untuk memperoleh dan menyalurkan informasi, ide, aspirasi dan kreativitas bagi semua orang. Bantu kami untuk menjaga dan membesarkan komunitas ini.

Dengan mematuhi Panduan Komunitas berikut ini, Anda telah membantu menjaga Satya Medica Group menjadi platform yang aman dan nyaman bagi semua orang. Pelanggaran terhadap batasan-batasan ini dapat mempengaruhi aktivitas Anda selama berada di Satya Medica Group yang dapat menyebabkan Story, Komentar, Nama Akun, Nama User, Foto Profil dan Bio yang Anda buat kami moderasi, batasi, hapus bahkan hingga menyebabkan akun Anda kami nonaktifkan. Berikut adalah beberapa hal yang wajib Anda patuhi selama menggunakan Satya Medica Group.

Apa yang dapat kami lakukan?

A. MODERASI
Apakah akan ada proses sensor?

Kami akan melihat dan menilai kondisi yang memerlukan aksi sensor baik untuk story, komentar, ataupun story yang pengguna masukkan dalam Layanan. Anda bebas namun terbatas untuk menyampaikan pendapat apapun dalam wadah atau fitur yang telah tersedia di Satya Medica Group. Tim Redaksi dan Tim Kolaborasi kami memiliki peran untuk dapat menilai apakah kontribusi Anda sesuai atau tidak dengan Panduan Komunitas, Ketentuan Layanan, Kebijakan Privasi, dan ketentuan lainnya yang kami buat.

Moderasi Komentar

Satya Medica Group memberikan kebebasan bertanggungjawab di bagian komentar. Anda akan melihat suatu komentar di Satya Medica Group dengan risiko yang menjadi tanggungan pengguna.

Proses Penyuntingan terhadap story pengguna

Satya Medica Group berhak melakukan proses penyuntingan Story dari pengguna yang akan dipromosikan ke Timeline maupun disebarluaskan melalui media sosial Satya Medica Group sebagai bentuk tanggung jawab Satya Medica Group kepada penggunanya. Penyuntingan terkait perbaikan ejaan dan visual Story, termasuk menambahkan ilustrasi yang mendukung, tanpa mengubah isi Story. Story user yang tidak dipromosikan ke Timeline maupun media sosial Satya Medica Group tidak akan disunting oleh Tim Redaksi & Tim Kolaborasi.

Promosi Story

Satya Medica Group dapat mempromosikan Story Anda dan menjadikannya sebagai bahan atau sumber informasi untuk diolah lebih lanjut menjadi Story oleh tim editorial Satya Medica Group. Promosi dilakukan dengan menempatkan Story di timeline platform Satya Medica Group dan akun media sosial Satya Medica Group. Dalam hal demikian, dengan setuju pada Peraturan dan Kebijakan Pengguna Satya Medica Group, Anda memberikan hak penayangan kepada kami terhadap Story yang dibuat pada platform Satya Medica Group dan Story Anda. Story yang kami promosikan tersebut untuk digunakan sepenuhnya, baik secara komersial maupun non-komersial, atas diskresi pihak Satya Medica Group sepenuhnya. Promosi yang dilakukan Satya Medica Group tetap tunduk pada ketentuan hak kekayaan intelektual di Indonesia, termasuk adanya pencantuman nama atau hyperlink akun Satya Medica Group Anda, sebagai hak moral yang didapatkan.

Dengan membuat Story pada platform Satya Medica Group, Anda telah memberikan lisensi atas hak ekonomi berdasarkan ketentuan hak kekayaan intelektual yang berlaku di Indonesia terhadap Story Anda kepada Satya Medica Group.

Keputusan mempromosikan Story sepenuhnya hak Satya Medica Group dengan kriteria sebagai berikut:

  • Tulisan, foto, komentar, atau video yang memiliki story telling yang kuat.
  • Tulisan, foto, komentar, atau video yang mengandung informasi baru atau informasi eksklusif.
  • Tulisan, foto, komentar, atau video dengan unsur estetika yang baik.
  • Tulisan, foto, komentar, atau video yang berpotensi viral.
  • Tulisan, foto, komentar, atau video yang mengandung unsur emosional kuat: menggugah, menggelitik, satirikal tapi mengajak orang berpikir, mengajak orang berinteraksi, humor, memompa semangat, dan inspiratif.
B. PENGAKHIRAN DALAM PANDUAN KOMUNITAS

Kami ingin selalu memastikan Anda untuk selalu aman sebagai pengguna Platform kami. Oleh karena itu, kami akan menghapus konten-konten, menonaktifkan akun, menutup akun, melakukan upaya-upaya yang wajar dan bahkan dapat bekerja sama dengan para penegak hukum apabila kami percaya bahwa terdapat risiko atau ancaman terhadap keamanan dan kenyamanan publik dan meresahkan masyarakat.

Beberapa alasan mengapa akun pengguna kami tutup ataupun kami non-aktifkan, hal ini termasuk namun tidak terbatas pada: (i) pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan atau Panduan Komunitas berikut dengan ketentuan turunannya; (ii) adanya kasus penyalahgunaan atau aktivitas atau tindakan abusive yang parah (antara lain eksploitasi seksual anak, spam, atau yang mengancam nyawa seseorang); (iii) akun-akun yang bertujuan untuk melanggar ketentuan-ketentuan yang kami buat, termasuk juga yang sekiranya melanggar peraturan perundang-undangan di Indonesia (termasuk fitnah, pencemaran nama baik, SARA, penyebaran kebencian, pelecehan, plagiasi atau peniruan terhadap karya atau hak cipta orang lain tanpa adanya pencantuman atau kredit dari si pemegang hak cipta yang bersangkutan, penggunaan konten yang tidak memiliki hak dan digunakan tanpa izin dari pihak yang memiliki hak); atau (iv) berdasarkan keberatan dari pihak- pihak yang dirugikan dengan dugaan adanya pelanggaran peraturan perundang-undangan di Indonesia dan/atau pelanggaran panduan komunitas.

Kami dapat mengirimkan notifikasi kepada Anda terkait laporan pelanggaran yang kami terima. Status non-aktif tersebut membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas di dalam Satya Medica Group selain membaca. Jika anda merasa akun anda dinonaktifkan ataupun ditutup oleh kami, baik karena kesalahan/error atau karena alasan-alasan seperti pelanggaran kebijakan-kebijakan yang kami buat, maka anda dapat mengirimkan pemberitahuan keberatan dengan mengirimkan email ke [email protected] dengan menyertakan subjek “Konfirmasi Pelanggaran Panduan Komunitas.”

C. FORMULIR PEMBERITAHUAN KEBERATAN (Counter Notification)

Jika Anda percaya bahwa akses Anda ke Layanan Satya Medica Group telah dinonaktifkan atau dihentikan ataupun akun Anda ditutup, baik karena kesalahan error ataupun karena adanya pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang kami buat, Anda dapat mengajukan pemberitahuan keberatan disertai dengan alasan-alasannya. Namun, pastikan Anda telah membaca seluruh ketentuan kami yang terdapat di Ketentuan Layanan, Panduan Komunitas, dan Kebijakan Privasi kami.

Dengan mengajukan pemberitahuan keberatan ini, Anda menyetujui bahwa informasi yang terdapat di dalamnya akan diungkapkan kepada pihak yang terkait (misalnya kasus hak cipta, kami berhak membagikan keberatan Anda kepada pihak/orang yang meminta konten yang Anda bagikan melalui akun Anda untuk dihapus karena memiliki dokumen-dokumen pendukung yang sah dan lengkap (pelapor awal). Kami tidak akan membagikannya kepada pihak lain, kecuali peraturan perundang-undangan menyatakan sebaliknya. Pelapor awal dapat saja menggunakan informasi tersebut sebagai dasar mengajukan gugatan atau laporan atau menjadikannya sebagai bukti untuk melanjutkan proses hukum agar tetap mempertahankan konten atau komentar Anda yang dihapus.

Pemberitahuan Keberatan hanya dapat diajukan oleh orang yang berwenang atau perwakilannya yang sah, misalnya dalam kasus hak cipta, si pencipta sendiri atau pemegang hak cipta konten yang bersangkutan yang dapat mengajukan Pemberitahuan Keberatan tersebut kepada kami.

1. Informasi Anda
  • Nama Lengkap sesuai dengan Identitas (bukan nama perusahaan)
  • Jenis dan Nomor identitas
  • Alamat email
  • Alamat sesuai dengan identitas
  • nomor telepon
2. Identifikasi URL(s)

Harap masukkan URL(s) beserta screenshot dari story atau konten yang Anda masukkan ke dalam Layanan yang telah dihapus. URL tersebut harus dengan format sebagai berikut: https://satyamedica.com/ (https://satyamedica.com/kolaborasi)accountname/linkstory

3. Pemberitahuan Keberatan harus mengandung tautan yang spesifik atas materi yang telah dihapus.
4. Penandatanganan

Pemberitahuan Keberatan membutuhkan tandatangan fisik atau elektronik, ataupun tanda tangan dari perwakilan yang berwenang untuk mewakili Anda, seperti konsultan atau pengacara. Untuk memenuhi persyaratan ini, Anda juga harus menyertakan nama lengkap Anda (sesuai dengan identitas Anda) di bagian bawah surat tersebut.

Anda dapat mengirimkannya melalui email, ke alamat kami di [email protected]

Setelah memproses Pemberitahuan Keberatan, Anda dapat meneruskannya kepada pelapor awal, apabila diperlukan dan apabila kami nyatakan perlu, kami dapat membantu mengkomunikasikan permasalahan Anda dengan pelapor awal agar dapat menyelesaikannya dengan mekanisme platform sebagai mediator, dan setelah kedua belah pihak setuju, maka kesimpulan tersebut akan kami tuangkan dalam berita acara sebagai pijakan kami melakukan upaya selanjutnya. Apabila tidak dapat diselesaikan, Anda dan pelapor dapat menempuh jalur-jalur hukum sesuai prosedur yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.